LEMBAR KERJA SISWA
KD: 3.
2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya
Materi: Teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran (Expressing
Opinion)
Assalamu’alaikum.
Hello, Students!
What’s new?
You are learning about expressing Opinion now.
Do you know what opinion is?
An opinion is the way you feel
or think about something. Our opinion about something or someone is based on
our perspective. Whenever we give or express our opinion, it is important to
give reasoning or an example to support our opinion.
Or in bahasa, we can say that
“Opini adalah pendapat seseorang yang didasari oleh
perspekrif atau sudut pandangnyacmasing-masing. Sangat dianjurkan untuk
memberikan opini beserta alasan dan bukti sebagai penguat atas opini yang
diberikan.”
So, why do we have to learn this material?
Let me use Bahasa to
get clearer understanding.
Dengan mempelajari
ungkapan pendapat, kita dapat mengetahui bagaimana cara mengungkapkan pendapat
yang baik dan benar baik secara resmi maupun tidak resmi.
Selain itu, kita juga
dapat mengungkapkan respon dari pendapat berupa ungkapan setuju (agree) atau
tidak setuju (disagree) yang tepat.
Mempelajari ungkapan
pendapat juga membuat diri kita berlatih kemampuan komunikasi (Communication
skills). Kecakapan komunikasi adalah kemampuan Abad 21 yang harus kalian miliki
untuk bekal kalian di masa sekarang dan masa yang akan datang. Jadi, sebagai
siswa kalian diharapkan sudah mampu menerapkan bagaimana berpendapat dengan
baik di depan publik termasuk ketika kalian berpendapat di media sosial. Kalian
tidak akan memberikan komentar yang bersifat SARA atau yang melanggar UU ITE.
Ungkapan pendapat
adalah salah satu teks transaksional yang harus kalian pelajari. By the way, do
you know what transactional text is?
Adapun beberapa teks
transaksional yang kalian akan/telah pelajari di MA yaitu:
Namun untuk pertemuan
kali ini kita hanya mempelajari teks transaksional ‘Giving opinion’.
Setelah kalian
mempelajari ungkapan pendapat di Modul, saya ingin kalian menjawab beberapa
pertanyaan di bawah ini. Silakan diskusikan jawabannya denga teman kalian lalu unggah
jawaban ke Tugas KI 3, KD 3.2 e-learning.
A. 1.
Apakah fungsi sosial dialog di bawah ini?
Dio : Can you give me
an opinion about my sculpture?
Jon : Sure thing! I
think you should have had fixed the hand.
Dio : Thanks, Jon.
Jon : No problem!
Jawaban: _______________
2. Apa
saja struktur teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran?
Jawaban: _______________
3. Apa saja unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran?
Jawaban: _______________
4. Apa saja ungkapan yang lazim digunakan
untuk mengemukakan pendapat? Sebutkan!
Jawaban:
_______________
5. Apa saja ungkapan yang lazim
digunakan untuk mengungkapkan setuju terhadap suatu pendapat? Sebutkan!
Jawaban: _______________
6. Apa saja ungkapan yang lazim
digunakan untuk mengungkapkan tidak setuju terhadap suatu pendapat? Sebutkan!
Jawaban:
_______________
7. Klasifikasikan ungkapan pendapat
yang resmi dan tidak resmi!
Jawaban:
_______________
Setelah
menjawab beberapa pertanyaan di atas, saya ingin kalian berlatih membuat
pertanyaan. Dengan berlatih membuat pertanyaan, kalian akan berlatih untuk
berpikir kritis. Berpikir kritis atau Critical thinking adalah
salah satu kecakapan Abad 21 yang harus kalian kuasai selain Communication skill untuk bekal masa
depan kalian.
B. Silakan buat pertanyaan dalam bahasa
Inggris berdasarkan dialog dan jawaban yang telah disediakan dan teks di bawah
ini:
Boy : Oh my god, this traffic is making me crazy.
Girl : Absolutely! I think there must be an accident.
Boy :
I think so too. It’s almost seven o’clock. We’ll be late for school.
Girl : We’d better tell our teacher that we’re
coming late, because of the traffic. We hope and pray that traffic will be fine
soon and we will not miss the first lesson
Boy :
Okay, let’s call her.
1. …………………….?
Jawaban: The dialog is about the
boy and the woman who are caught in the traffic jam
2.
……………………..?
Jawaban:
I think there must be an accident.
3.
……………………..?
Jawaban:
I think so too.
4.
……………………..?
Jawaban:
They will call their teacher.
5.
……………………..?
Jawaban:
They think they will be late for school.
C. Setelah kalian membuat 5 pertanyaan di
atas, silakan kalian jawab pertanyaan yang berhubungan dengan tata bahasa
(Grammar) dan kosakata (Vocabuaries) berdasarkan dialog di bawah ini:
Boy : Oh my god, this traffic is making me crazy.
Girl : Absolutely! I think there must be an accident.
Boy :
I think so too. It’s almost seven o’clock. We’ll be late for school.
Girl : We’d better tell our teacher that we’re
coming late, because of the traffic. We hope and pray that traffic will be fine
soon and we will not miss the first lesson
Boy
: Okay, let’s call her.
1. Apakah bentuk waktu (tense) yang
digunakan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran?
Jawab: ____________
2. Apakah ada kata kerja (verb) pada teks
tersebut? Sebutkan!
Jawab: ____________
3. Apakah ada kata benda (noun) pada teks
tersebut? Sebutkan!
Jawab: ____________
4. Apakah ada kata sifat (Adjective) pada
teks tersebut? Sebutkan!
Jawab: ____________
5. Apakah ada kata keterangan (adverb)
pada teks tersebut? Sebutkan!
Jawab: ____________
6. Apakah ada kata depan (preposition)
pada teks tersebut? Sebutkan!
Jawab: ____________
7. Buatlah kalimat dengan kosakata Opinion,
Reckon, Doubt, Assume, dan Think!
Jawab:
a. Opinion:
___________________________________
b. Reckon: ______________________________
c. Doubt: ______________________________
d. Assume: ______________________________
e. Think: __________________________________

