RENCANA PENILAIAN HARIAN DAN PENUGASAN

 


Mata Pelajaran: Bahasa Inggris (Wajib)

Kelas                  : X (Sepuluh) IPA 1 dan 2

Semester           : Ganjil

Tahun Pelajaran: 2022/2023

Kompetensi Dasar

Materi

Penilaian

 Harian

Penugasan

Jumlah Penugasan

3.1          Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya.

·   Fungsi Sosial

Mengenalkan, menjalin hubungan interpersonal dengan teman dan guru

·   Struktur Teks

-   Memulai

-   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur Kebahasaan

-    Sebutan anggota keluarga inti dan yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya; hobi, kebiasaan

-    Verba: be, have, go, work, live (dalam simple present tense)

-    Subjek Pronoun: I, You, We, They, He, She, It

-    Kata ganti possessive my, your, his, dsb.

-   Kata tanya Who? Which? How? Dst.

-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

PH 1

 

 

4.1          Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

Membuat video Perkenalan Diri

 

1

3.2          Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

·   Fungsi Sosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.

·   Struktur Teks

-   Memulai

-   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur Kebahasaan

-   Ungkapan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya

-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Interaksi antara guru dan peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan ucapan selamat dan pujian yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

 

PH 2

 

 

4.2          Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

Menulis kartu/surat ucapan selamat

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3          Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

·   Fungsi Sosial

Menyatakan rencana, menyarankan, dsb.

·   Struktur Teks

-   Memulai

-   Menanggapi (diharapkan atau di luar dugaan)

·   Unsur Kebahasaan

-   Ungkapan pernyataan niat yang sesuai, dengan modalbe going to, would like to

-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

-    

·   Topik

Interaksi antara guru dan peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan pernyataan niat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

PH 3

 

 

4.3          Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

Membuat video Expressing Intention

1

3.4          Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

·   Fungsi Sosial

Membanggakan, menjual, mengenalkan, mengidentifikasi, mengkritik, dsb.

·   Struktur Teks

Dapat mencakup

-   Identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)

-   Sifat (ukuran, warna, jumlah, bentuk, dsb.)

-   Fungsi, manfaat, tindakan, kebiasaan

·   Unsur kebahasaan

-   Kosa kata dan istilah terkait dengan tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal

-   Adverbia terkait sifat seperti quite, very, extremely, dst.

-   Kalimat dekalraif dan interogatif dalam tense yang benar

-    Nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Deskripsi tempat wisata dan bangunan bersejarah yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

PH 4

 

 

4.4       Teks deskriptif

4.4.1       Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif, lisan dan tulis, pendek dan sederhana terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal

4.4.2       Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

Menulis teks Descriptive terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal

1

3.5          Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya

·   Fungsi Sosial

Menjalin hubungan interpersonal dan akademik antar peserta didik, guru, dan sekolah

·   Struktur Teks

-    Istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya

-    Informasi khas yang relevan

-    Gambar, hiasan, komposisi warna

·   Unsur Kebahasaan

-   Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam announcement (pemberitahuan)

-   Nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Pemberitahuan kegiatan, kejadian yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

·   Multimedia

Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks pemberitahuan lebih menarik.

PH 5

 

 

4.5       Teks pemberitahuan (announcement)

4.5.1       Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement)

4.5.2       Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

Memberikan pemberitahuan di tempat umum (bandara, stasiun kereta api, dan lain-lain)

1

 

 

Lebih baru Lebih lama