Mata
Pelajaran: Bahasa Inggris (Wajib)
Kelas : X (Sepuluh) IPA 1 dan 2
Semester : Ganjil
Tahun
Pelajaran: 2022/2023
|
Kompetensi Dasar |
Materi |
Penilaian Harian |
Penugasan |
Jumlah Penugasan |
|
3.1
Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. |
· Fungsi
Sosial Mengenalkan, menjalin hubungan
interpersonal dengan teman dan guru · Struktur
Teks - Memulai - Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan) · Unsur
Kebahasaan - Sebutan anggota keluarga inti dan yang
lebih luas dan orang-orang dekat lainnya; hobi, kebiasaan -
Verba: be, have, go, work, live (dalam simple present tense) -
Subjek Pronoun: I,
You, We, They, He, She, It -
Kata ganti possessive my, your, his, dsb. -
Kata tanya Who?
Which? How? Dst. -
Nomina
singular dan plural dengan atau tanpa a,
the, this, those, my, their, dsb. - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan · Topik Deskripsi
diri sendiri sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI |
PH 1 |
|
|
|
4.1
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
|
Membuat video Perkenalan
Diri |
1 |
|
|
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended),
serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
· Fungsi
Sosial Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru, teman dan orang lain. · Struktur
Teks - Memulai - Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan) · Unsur
Kebahasaan - Ungkapan memberikan ucapan selamat dan memuji
bersayap (extended), dan
menanggapinya -
Nomina
singular dan plural dengan atau tanpa a,
the, this, those, my, their, dsb. - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan · Topik Interaksi antara guru dan peserta
didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan ucapan selamat dan pujian
yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI |
PH 2 |
|
|
|
4.2
Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memberikan
ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks |
|
Menulis kartu/surat
ucapan selamat |
1 |
|
|
3.3
Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. |
· Fungsi
Sosial Menyatakan rencana, menyarankan, dsb. · Struktur
Teks - Memulai - Menanggapi (diharapkan atau di luar
dugaan) · Unsur
Kebahasaan -
Ungkapan
pernyataan niat yang sesuai, dengan modalbe
going to, would like to -
Nomina
singular dan plural dengan atau tanpa a,
the, this, those, my, their, dsb. - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan - · Topik Interaksi antara guru dan peserta
didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan pernyataan niat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI |
PH 3 |
|
|
|
4.3
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks |
|
Membuat video Expressing Intention |
1 |
|
|
3.4
Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan
bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya |
· Fungsi
Sosial Membanggakan, menjual, mengenalkan,
mengidentifikasi, mengkritik, dsb. · Struktur
Teks Dapat mencakup - Identifikasi (nama keseluruhan dan
bagian) - Sifat (ukuran, warna, jumlah, bentuk,
dsb.) - Fungsi, manfaat, tindakan, kebiasaan · Unsur
kebahasaan -
Kosa
kata dan istilah terkait dengan tempat wisata dan bangunan bersejarah
terkenal -
Adverbia
terkait sifat seperti quite, very, extremely, dst. -
Kalimat dekalraif dan interogatif dalam tense yang benar -
Nomina
singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb. - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan · Topik Deskripsi tempat wisata dan bangunan
bersejarah yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI |
PH 4 |
|
|
|
4.4
Teks deskriptif 4.4.1
Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif,
lisan dan tulis, pendek dan sederhana terkait tempat wisata dan bangunan
bersejarah terkenal 4.4.2
Menyusun teks deskriptif lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah
terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
|
Menulis teks
Descriptive terkait tempat
wisata dan bangunan bersejarah terkenal |
1 |
|
|
3.5
Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya |
· Fungsi
Sosial Menjalin hubungan interpersonal dan
akademik antar peserta didik, guru, dan sekolah · Struktur
Teks - Istilah khusus terkait dengan jenis
pemberitahuannya - Informasi khas yang relevan - Gambar, hiasan, komposisi warna · Unsur
Kebahasaan -
Ungkapan
dan kosa kata yang lazim digunakan dalam announcement
(pemberitahuan) -
Nomina
singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb. - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan · Topik Pemberitahuan kegiatan, kejadian yang
dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI · Multimedia Layout dan dekorasi yang membuat tampilan
teks pemberitahuan lebih menarik. |
PH 5 |
|
|
|
4.5
Teks pemberitahuan (announcement) 4.5.1
Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam
bentuk pemberitahuan (announcement) 4.5.2
Menyusun teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks |
|
Memberikan pemberitahuan
di tempat umum (bandara, stasiun kereta api, dan lain-lain) |
1 |
